0
Masih merunut pada tema Hydroponic Goes To School, kali ini saya ulas bagaimana memulai budidaya tanaman sayur dengan sistem hidroponik menggunakan botol plastik bekas air mineral. Sebelum lebih lanjut sebaiknya kita mengetahui apa saja yang harus kita persiapkan untuk menanam sayur dengan sistem hidroponik botol plastik ini. 

Bahan-bahan :
1. Botol air mineral 1,5 liter
2. Gunting / cutter
3. Kain Flanel
4. Solder/paku
5. Benih sayuran
6. Nutrisi hidroponik
7. Media tanam

Langkah-langkah :
1. Menyemai
    Dalam menyemai benih sayuran kita ambil contoh sayur kangkung, benih kita rendam 1 jam dengan air hangat, tiriskan. Tutup dengan plastik warna hitam 1x24 jam, selanjutnya kita lihat apakah biji sudah sprout (mengecambah), kalau sudah kita siapkan media tanam (saya pakai rockwool). Rockwool kita potong dadu 2,5 x 2,5 x 2,5 cm, celupkan pada air, tiriskan taruh di nampan. Lubangi Rockwol dengan tusuk gigi atau sejenisnya, khusus sayuran yang melebar satu potong Rockwool satu biji, kalau sayuran yang cenderung naik seperti kangkung bayam bisa kita masukkan 3-5 biji. Kita tutup nampan 1 x 24 jam kemudian kita buka dan sudah sprout semua segera kenakan sinar matahari (tidak full mungkin bisa jam 8-11 pagi) agar tidak mengalami etiolasi/kutilang (kurus tinggi dan langsing). Perawatan persemaian sampai muncul daun sejati, biasanya daun ke-4, atau minimal akar dengan panjang 2 cm an, atau kalau dihitung hari dari mulai semai adalah 9-10 hari baru kita ke tahap selanjutnya yaitu pindah tanam ke botol plastik yang telah disiapkan.
Semaian yang mulai sprout
Semaian yang siap pindah tanam


2. Sistem sumbu botol plastik
    Sebelum tahap pindah tanam, kita siapkan dahulu botol plastik bekas air mineral dengan ukuran 1,5 liter. Botol plastik kita potong menjadi 2 dengan jarak dari tutup atas sekitas 10-15 cm. Bagian bawah berfumgsi untuk menampung nutrisi dan air, sedangkan bagian atas digunakan untuk pemegang tanaman dengan cara dibalik dan digabungkan dengan bagian bawah (ditumpangkan). Bagian atas sebelum digunakan terlebih dahulu bagian yang dekat dengan leher tutup dilubangi menggunakan solder/paku, tujuannya untuk membantu perakaran/lewat akar. Potongan botol bagian bawah di cat warna atau bisa juga menggunakan plastik warna yang digunakan untuk membungkus potongan bawah, dimaksudkan agar air nutrisi didalamnya tidak terpapas langsung sinar matahari (akan mempercepat tumbuhnya ganggang hijau/lumut). 
Selanjutnya pasang kain flanel didalam potongan atas yang akan membantu sistem kapiler / menaikkan nutrisi ke media tanam, sehingga akar dan media tanam basah/lembab. Yang terakhir adalah memindahkan semaiaan ke potongan atas yang sudah diberi kain flanel.
Potongan bawah yang dibungkus plastik warna hitam
Potongan atas yang telah dilubangi bagian leher dan diberi kain flanel
Hasil tanaman kangkung pada botol plastik bekas air mineral
3. Menyiapkan nutrisi
     Nutrisi di dalam sistem hidroponik menjadi unsur penting, karena sayur mendapatkan asupan makanan/unsur -unsur dari nutrisi tersebut. Biasanya nutrisi kita dapatkan di toko-toko hidroponik ataupun toko pertanian tertentu. AB Mix adalah nama nutrisi yang dipakai dalam ber-hidroponik, ada yang berbentuk granule ada yang berbentuk cairan. Kita gunakan yang siap pakai yaitu yang berbentuk cairan, terdiri dari dua botol yaitu botol A dan botol B, oleh karenanya dinamakan AB Mix.
Pencampurannya menggunakan rumus umum yaitu 5 : 5 : 1 atau 5 ml A dan 5 ml B untuk 1 liter air. Air yang dipakai sebaiknya yang memiliki PH antara 5,5 -6,5 dikarena unsur hara didalam nutrisi akan bekerja maksimal pada rentang angka tersebut. Kita siapkan air seliter kemudian masukkan 5 ml nutrisi A, kita aduk dan dilanjutkan masukkan 5 ml nutrisi B kita aduk kembali sampai semua larut tercampur. Air yang tercampur nutrisi ini siap digunakan. 

Kangkung botol bekas

Edukasi pemanfaatan sampah botol plastik untuk menanam sayuran hidroponik

Demikian ulasan mengenai pemanfaatan sampah botol plastik bekas air mineral untuk menanam sayuran dengan sistem hidroponik. Semoga bisa menjadi bahan untuk diterapkan disekolah masing-masing. Hydroponic Goes To School.


Posting Komentar

 
Top